Strategi Meningkatkan Pasien di Klinik Anda

Klinik merupakan salah satu jenis usaha yang jasanya dibutuhkan banyak orang. Seperti bisnis lainnya, klinik pun mengalami perkembangan dari masa ke masa dan membutuhkan strategi-strategi marketing agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut merupakan beberapa tips yang bisa Anda jalankan:

1. Menggunakan media sosial sebagai sarana promosi
Membentuk eksistensi di media sosial sangatlah penting di era sekarang, di mana hampir semua orang sudah menggunakan media sosial dan memanfaatkannya untuk mencari informasi terkait suatu hal. Di media sosial terdapat influencers yang dapat mempengaruhi dan menyebarluaskan informasi mengenai klinik Anda. Promosi melalui media sosial juga memungkinkan kita untuk menjangkau audiens sesuai target klinik dengan anggaran yang dapat disesuaikan.

2. Membuat promosi atau harga khusus untuk perawatan perdana
Mengadakan promosi berupa harga special untuk perawatan perdana pasien tentu akan menarik perhatian calon pelanggan. Cara ini dapat membuat calon pasien atau pelanggan memilih untuk melakukan perawatan di klinik Anda dibandingkan klinik lain karena penawaran harga khusus tersebut.

3. Membuat program membership untuk pasien
Ketika Anda sudah mendapatkan pasien-pasien baru dengan cara diatas, ini saatnya Anda melakukan strategi lanjutan, yaitu program membership. Membership ini dapat digunakan untuk memberikan potongan harga untuk perawatan, atau pengumpulan poin yang nantinya dapat ditukarkan dengan promo atau perawatan tertentu. Mengadakan program membership ini juga dapat meningkatkan loyalitas pasien atau pelanggan terhadap klinik Anda.

4. Menjaga relasi baik dengan pelanggan atau pasien
Menjaga hubungan baik dengan pelanggan tidaklah mudah, akan tetapi hal ini sangat penting untuk keberlangsungan usaha klinik Anda. Selain melayani pelanggan dengan ramah dan baik, kita juga perlu melakukan usaha lebih lagi untuk menjaga hubungan tersebut, salah satunya dengan cara memberikan voucher atau paket promosi tertentu di hari ulang tahun pelanggan. Dengan cara tersebut, pelanggan tentu akan merasa diapresiasi oleh klinik, dan tentunya dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

5. Menggunakan software dalam mengelola klinik
Di zaman serba digital seperti sekarang ini, klinik Anda tentu juga harus terus berkembang dan beradaptasi. Menggunakan software untuk operasional klinik merupakan solusinya. Segala data dan keperluan klinik Anda dapat ditemukan dan disimpan dalam satu software yang dapat terintegrasi. Penggunaan software untuk klinik juga akan mempermudah Anda dalam melakukan reservasi pasien, sistem kasir, pencatatan inventori, laporan, dan meminimalisir terjadinya human error.