Mengenal cloud computing

Perkembangan zaman mengharuskan kita untuk terus berkembang dan beradaptasi untuk bisa tetap unggul dan bertahan. Dalam menjalani bisnis pun, ada teknologi berupa software dengan basis komputasi awan (cloud computing) yang memberikan kemudahan dan keamanan dalam penyimpanan data. Cloud computing atau komputasi awan adalah metode pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis internet. Cloud computing berarti data dan program dapat tersimpan dan diakses melalui internet dari berbagai lokasi.

Beberapa manfaat lainnya yaitu:

1. Keamanan data
Data yang tersimpan di Cloud akan terenkripsi dan terkunci sehingga tidak dapat dibaca pihak lain selain pemilik data dan pihak-pihak yang memiliki akses.

2. Penyimpanan informasi
Data yang dimasukkan ke dalam cloud akan tersimpan dan memiliki back up sehingga sangat minim kemungkinan hilangnya data. Walaupun ada kecelakaan atau bencana tak terduga pun data akan bisa di restore kembali.

3. Fleksibilitas
Operasional perusahaan dapat berjalan lebih mudah dan cepat tanpa terhalang ruang dan waktu.Anda dapat mengakses data yang tersimpan di cloud kapan saja dan dimana saja selama Anda memiliki jaringan internet.

4. Biaya
Menggunakan software berbasis komputasi awan akan meminimalisir pengeluaran untuk membeli perlengkapan dan peralatan secara terus menerus. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya berlangganan setiap bulannya atau disesuaikan dengan paket layanan yang tersedia.

5. Ruang penyimpanan
Anda tidak perlu menyiapkan ruang penyimpanan eksternal seperti harddisk. Dengan menggunakan cloud computing, semua data akan tersimpan pada server penyimpanan yang hampir tidak terbatas kapasitasnya. Ruang penyimpanan dalam cloud dapat diakses secara online dengan mudah dan cepat.